Text
TERJADINYA LOW DUCT PRESSURE SAAT DESCENT PADA ENGINE NO. 1 CFM 56-7B PESAWAT BEOING 737 900ER PK-LHZ PT. LION AIR DAN PENANGGULANGANNYA
ABSTRAKrnLow Duct Pressure adalah terjadinya penurunan tekanan udara pada sistem pneumatik yang ditunjukkan pada Duct Pressure Indicator, dimana aliran tekanan udara dari engine bleed air tidak optimal/ maksimal, karena disebabkan adanya kerusakan pada salah satu Sub komponen dari pneumatik sistem.rnLow Duct Pressure ini terjadi ketika pesawat dalam keadaan Descent dimana pointer untuk duct pressure bagian kiri (left pointer) menunjukkan tekanan sebesar 15 psi yang normalnya 32 psi, maka bleed air tidak mampu menyuplai tekanan dengan optimal. Hal ini disebabkan oleh High Stage Valve tidak terbuka dengan sempurna karena mengalami kebocoran (leak).rnUpaya penanggulangan yang dilakukan adalah mengganti komponen High Stage Valve yang mengalami kebocoran (leak). Prosedur penggantian komponen High Stage Valve harus sesuai dengan ketentuan pada Aircraft Maintenance Manual (AMM) Engine CFM 56-7 chapter 36-11-06.rnSetelah dilaksanakan penggantian High Stage Valve maka dilakukan pneumatic leaking test untuk memastikan bahwa High Stage Valve sudah tidak mengalami kebocoran dan dapat bekerja normal kembali.
Tidak tersedia versi lain