Text
TERJADINYA HIGH OIL PRESSURE PADA ENGINE CFM56-7B PESAWAT LION AIR PK - LKJ DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
ABSTRAKrnJenis engine yang digunakan oleh pesawat Boeing 737 – 800 PK – LKJ adalah engine turbofan CFM56 – 7B. Sistem aliran oil yang digunakan adalah sistem lubrikasi dry sump. Sistem oil tidak pernah lepas dari komponen engine karena sebagai aspek pemeliharaan pada komponen logam yang saling bergesekan dalam engine pesawat. Pada saat penulis melaksanakan kerja praktik di PT. Batam Aero Technic divisi Engine & APU Line Maintenance, Lion Air, ditemukan adanya indikasi high oil pressure pada display engine unit pesawat Boeing 737 – 800.rnSetelah dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur Fault Isolation Manual ditemukan bahwa sumber masalah berasal dari komponen oil supply tube dan nipple. Berdasarkan hasil pemeriksaan pada oil supply tube dan nipple terdapat oil yang mengalami carbonize dan adanya metal particle, oleh sebab itu dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada oil supply tube dan nipple.rnAkibat dari penyumbatan dan carbonize pada oil supply tube dan nipple membuat aliran oil menjadi tidak sempurna, sehingga tekanan pada oil mengalami kenaikan. Dalam hal ini adanya metal particle terbawa oleh aliran oil yang tidak tersaring secara sempurna oleh oil filter. Adanya metal particle tersebut karena terjadinya erosi pada metal yang saling bergesekkan.rnUpaya yang dilakukan untuk menanggulangi permasalahan high oil pressure pada engine CFM56 – 7B pesawat Boeing 737 – 800 dengan melakukan pergantian komponen oil supply tube dan nipple dengan yang baru dan part number yang sama sesuai dengan prosedur yang terdapat pada Aircraft Maintenance Manual (AMM).
Tidak tersedia versi lain