Text
TERJADINYA INSUFFICENT COOLING AIR PADA PESAWAT KING AIR B200 GT PK - CAN MILIK BALAI BESAR KALIBRASI FASILITAS PENERBANGAN DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
ABSTRAKrnBalai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan berdiri pada tahun 1957 dengan nama Satuan Udara Kalibrasi yang bernaung dibawah Direktorat Keselamatan Penerbangan. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Pada saat melakukan On The Job Trainning di Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, ditemukan permasalahan pada air conditioning system pesawat King Air B200GT PK-CAN yaitu Insufficient Cooling On Air Conditioning System dengan temperature 360C yang dapat dilihat melalui Environment Group Switches and KnobsrnUntuk Cooling System pada pesawat tersebut menggunakan Vapor Cycle System dengan perantara refrigerant sebagai zat pendingin. Dari hasil pemeriksaan pada komponen Vapor Cycle System yaitu terdapat komponen Condenser yang mengalami penyumbatan pada laju aliran refrigerant dan dapat mengakibatkan Insufficent Cooling On Air Conditioning System. Akibat tidak normalnya kerja Condenser pada Vapor Cycle System menyebabkan system pendinginan di dalam pesawat tidak bekerja dengan optimal sehingga membuat udara di dalam kabin terasa panas sehingga dapat membahayakan keselamatan selama penerbangan.rnUpaya yang dilakukan untuk menanggulangi permasalahan ini adalah dengan melakukan pergantian komponen Condenser pada Vapor Cycle System pesawat King Air B200GT dengan komponen yang baru. Penggantian komponen Condenser ini harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang tertera dalam AMM (Aircraft Maintenance Manual) pada pesawat tersebut.
Tidak tersedia versi lain