Text
KAJIAN TERJADINYA OIL SMOKE PADA EXHAUST APU HONEYWELL TYPE GTCP 131-9A PESAWAT AIRBUS A320-200 PK-GQC MILIK PT. CITILINK INDONESIA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
ABSTRAKrnPesawat terbang menjadi suatu alat transportasi yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Karena dengan menggunakan pesawat terbang, jarak yang jauh seperti antar pulau ataupun benua dapat ditempuh dalam waktu yang singkat, nyaman serta tingkat keselamatannya tinggi. Maka dari itu pengecekan ataupun maintenance harus dilakukan secara berkala. Sebagai syarat pesawat laik terbang, pesawat harus dapat pengesahan dari inspector setiap kali maintenance selesai dilakukan. Salah satu sistem pendukung yang cukup penting bagi pesawat udara adalah APU (Auxiliary Power Unit). APU merupakan mesin turbine gas berkecepatan konstan, memiliki bentuk seperti turbine kecil yang menyerupai engine. Berbeda dengan engine, APU tidak menghasilkan thrust. Dan digunakan sebagai pemberi pasokan listrik pada saat mesin pesawat mati, untuk menjalankan sistem pada saat preflight checks untuk instrument dan alat kelistrikan lainnya, serta menyediakan udara bertekanan untuk menjalankan air conditioning pack. APU juga digunakan untuk menyalakan mesin pesawat. Pada pesawat Airbus A320-200 PK-GQC milik PT. Citilink Indonesia, ketika pesawat berada di apron, terlihat secara visual adanya oil smoke di area exhaust APU sesaat setelah APU shutdown. Setelah dikonfirmasi adanya oil smoke oleh personel di apron, informasi tersebut disampaikan kepada personel hangar melalui maintenance job card yang diterbitkan oleh PPC (Planning and Production Controller), dan selanjutnya maintenance dikerjakan sesuai prosedur. Dan diketahui penyebab oil smoke karena adanya kerusakan pada komponen gear box vent tube, dan air/oil separator adapter. Pada kasus ini APU yang bermasalah diganti dengan APU yang sudah serviceable.
Tidak tersedia versi lain