Text
TERJADINYA HIGH HUMIDITY PADA CABIN PESAWAT BOEING 737-800 PK-CMF DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA
ABSTRAKrnTeknologi pada pesawat Boeing 737-800, mempunya sistem yang cukuprnkompleks dan canggih. Salah satu sistem tersebut adalah sistem air conditioning.rnAir Conditioning System yaitu suatu sistem yang menghasilkan udara yangrnterkondisikan untuk control cabin, passenger cabin, electronic equipmentrncompartment, forward cargo dan aft cargocompartment. Air cycle pada sistem airrnconditioning menggunakan pneumatic system sebagai sumber udara. Sumber udararntersebut diambil dari engine compressor stage 5 dan stage 9 atau dari APUrn(Auxilary Power Unit) dan bisa juga dari pneumatic ground service ketika di darat.rnUdara dari pneumatic system yang masuk ke air conditioning pack akan diatur olehrnsubsistem untuk mengatur pressure, temperature, dan humidity sehingga airrnconditioning menghasilkan udara yang terkondisi. Banyaknya sistem mekanisrndidalam air conditioning, maka akan dapat menimbulkan banyak permasalahanrnyang terjadi.rnPada saat penulis melaksanakan On The Job Training di PT. Avia TechnicsrnDirgantara atau FL TECHNICS salah satu permasalahan yang terjadi pada saatrnpreliminary adalah terjadinya High Humidity pada cabin pesawat Boeing 737-800rnPK-CMF masalah ini terjadi akibat adanya kotoran yang menyumbat waterrnseparator dan cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara dilakukanyarnpenggantian water extractor dengan yang baru sesuai dengan part numbernya.rnTerdapat beberapa akibat yang akan terjadi jika high humidity terjadirndidalam cabin pesawat diantaranya, dapat menyebabkan udara di dalam kabin tidakrnbaik untuk dihirup oleh manusia dan dapat menyebabkan komponen dari sistemrnpesawat terganggu pada saat dioperasikan seperti terjadinya short circuit padarnkomponen elektronik, serta dapat menimbulkan korosi didalam cabin pesawat.rnMaka dari itu permasalahan tersebut segera dilaporkan kepada pemilikrnpesawat dengan mengirimkan NRC (Non-Routine Card) untuk minta persetujuanrnsebelum mekanik mengerjakan trouble shooting tersebut. Setelah diadakan kajian,rndan telah dilakukan inspeksi serta penggantian komponen water extractor denganrnpart number PN2340400, air conditioning telah beroperasi dengan baik kembali.rnSetelah dilakukan penggantian, selanjutnya memastikan tidak adanya kegagalanrnatau kerusakan yang terjadi kembali dengan melakukan functional test yang sesuairndengan Aircraft Maintenance Manual (AMM) sehingga pesawat siap untukrndioperasikan kembali.
Tidak tersedia versi lain