Text
TINJAUAN PENERIMAAN DAN PELAYANAN CUSTOMER DI PT. MULYA SEJAHTERA TEHCNOLOGY BANDUNG
ABSTRAKrnPenerimaan dan pelayanan barang selalu berhubungan di setiap perusahaan, pelayanan barang di maskapai penerbangan erat kaitan saat pengoperasian pesawat terbang, yang menentukan laik tidaknya pesawat beroperasi. PT Mulya Sejahtera Technology yang bergerak dibidang perawatan untuk pesawat terbang diperlukan pemeliharaan mesin – mesin pesawat, pemeliharaan ini harus dilakukan karena setiap komponen mempunyai batas usia tertentu sehingga memerlukan service pesawat. Dalam jasa maintenance pesawat diperlukan kualitas pelayanan yang baik terhadap konsumen karena sangat penting dan berpengaruh besar pada perusahaan. Pemeliharaan pesawat yang terjamin akan berimbas pada keselamatan penerbangan. Yang terlibat dalam penerimaaan barang adalah pihak gudang/storeman, quality control, dan pemasok ( vendor/supplier ). Dokumen pendukung pada tahap penerimaan barang yaitu Purchase Order ( PO ), Delivery Order (DO), Request Order Form (ROF), sertifikat dan Packing List. Pada pelayanan barang ketika pengguna meminta barang dan pihak gudang memeriksa barang dan barang tersedia maka barang akan diberikan dan dibuatkna picking slip, apabila barang tidak ada maka harus melakukan pemesanan terlebih dahulu dengan pengguna membawa Request Order Form kepada pihan Program Planning Control lalu pihak Program Planning Control membuat Materia Requset dan memeberikannya pada pihak Purchasing, pihak Purchasing membuat pesanan dan menghubungi pihak vendor untuk melakukan pemesanan. Pada pelaksanaan penerimaan dan pelayanan barang untuk customer/pelanggan ditemukan permasalahan kurang lengkapnya dokumen sertifikat Authorized Release Certificate dan tidak tersedianya barang di gudang (0). Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah : secepatnya mengajukan kepada pihak supplier supaya dokumennya dilengkapi, memilih supplier yang baik supaya dokumen yang dikirim lengkap, selalu memeriksa persediaan barang supaya tidak kehabisan persediaan, keakuratan dalam pengecekan barang untuk bisa melakukan pembelian barang dengan tepat. Dengan upaya yang dilaksanakan akan membantu proses penerimaan dan pelayanan kepada customer/pelanggan dengan baik.
Tidak tersedia versi lain