➤

E-Library

  • Beranda
  • Informasi
  • Profil PT
  • Pustakawan
  • Login/Daftar
    Login Anggota Daftar Online Login Admin Absen
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH SUDUT INCIDENCE PADA SAYAP PESAWAT TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA

Text

PENGARUH SUDUT INCIDENCE PADA SAYAP PESAWAT TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA

EMANUEL DIONESIS APRITAMA PRAKOSO - Nama Orang;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

ABSTRAKrnPerkembangan dan kemajuan di dunia teknologi yang pesat memberikan dampak bagi kehidupan manusia. Dampak dari perkembangan teknologi adalah munculnya berbagai macam inovasi yang dapat digunakan untuk membantu mempermudah manusia dalam melaksanakan aktivitasnya. Salah satu contohnya adalah pesawat terbang tanpa awak AerO-73K yang didesain untuk melakukan misi kegiatan pengiriman bantuan obat-obatan dan alat medis berukuran kecil dengan beban maksimum sebesar 5 kg. Penulis melakukan analisis karakteristik aerodinamika pada pesawat terbang tanpa awak AerO-73K serta ketika diberikan variasi angle of incidence pada bagian sayapnya.rnMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis numerik dengan simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk memprediksi karakteristik aerodinamika dan fenomena aliran yang terjadi pada saat kondisi cruise. Pesawat AerO-73K diberikan variasi angle of incidence 1◦, 2◦, dan 3◦ pada sayapnya dan digambar menggunakan software CATIA. Selanjutnya dilakukan simulasi menggunakan software ANSYS Fluent.rnBerdasarkan simulasi yang telah dilakukan, didapatkan nilai karakteristik aerodinamika pada pesawat AerO-73K dalam kondisi terbang jelajah dengan kecepatan 27.78 m/s dan pada kondisi sea level. Stall terjadi di sudut serang 16◦ dengan CLmax 1.167, CL0 0.133, nilai rasio CL/CDmax 9.101 pada α 10◦, dan koefisien moment pada titik stall -0.393. Dan konfigurasi angle of incidence terbaik secara aerodinamika untuk pesawat terbang tanpa awak AerO-73K adalah konfigurasi angle of incidence 2◦ karena memiliki rasio CL/CD paling tinggi diantara variasi yang lain, yaitu 10.496.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Nurtanio Bandung Belum memasukkan lokasi
UNB2402321
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Bandung : Universitas Nurtanio Bandung., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
https://perpus.unnur.ac.id/
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


    OPAC LLDIKTI Wilayah 4
    Online Public Access Catalog

    Informasi Lainnya


    Website LLDIKTI Wilayah 4 Informasi Perpustakaan Login Anggota OJS LLDIKTI 4 Pustakawan

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Statistik Pengunjung Web

Seluruh: 2251114

© 2023 — Perpustakaan LLDIKTI Wilayah 4

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Buku
  • Jurnal
  • Majalah
  • Prosiding
  • Skripsi
  • Browse By Color
  • Coming Soon
Icons made by Freepik
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?