➤

E-Library

  • Beranda
  • Informasi
  • Profil PT
  • Pustakawan
  • Login/Daftar
    Login Anggota Daftar Online Login Admin Absen
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN VORTEX GENERATOR TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA SAYAP UAV DENGAN MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

Text

ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN VORTEX GENERATOR TERHADAP KARAKTERISTIK AERODINAMIKA SAYAP UAV DENGAN MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

FUZI RACHMAT RAMDHAN - Nama Orang;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

ABSTRAKrnSeparasi boundary layer merupakan fenomena penting yang mempengaruhi performansi airfoil. Salah satu upaya untuk menunda atau menghilangkan separasi aliran adalah meningkatkan momentum fluida untuk melawan adverse pressure dan tegangan geser permukaan. Hal ini mengakibatkan separasi aliran akan tertunda lebih ke belakang. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan penambahan turbulent generator pada upper surface sayap. Vortex Generator (VG) adalah komponen kecil berbentuk fin dan mampu menghasilkan vortex. VG berfungsi menunda terjadinya separasi aliran dan aerodinamic stalling dengan cara membentuk sebuah vortex pada boundary layer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan VG terhadap karakteristik aerodinamika dari sayap Pesawat Tanpa Awak AerO-73K.rnMetode yang digunakan adalah analisis numerik dengan simulasi CFD untuk memprediksi karakteristik aerodinamika dan fenomena aliran yang terjadi. Model yang digunakan adalah sayap pesawat AerO-73K tanpa VG dan menggunakan VG dengan beberapa konfigurasi yaitu co-rotating dan counter-rotating yang didisain dengan software CATIA. Selanjutnya dilakukan simulasi menggunakan software ANSYS Fluent untuk mengetahui perubahan karakteristik aerodinamika sayap setelah penambahan VG seperti koefisien lift dan koefisien drag.rnKesimpulan yang diperoleh dari penelitian penambahan VG pada sayap Pesawat AerO-73K adalah peningkatan nilai koefisien lift maksimum sayap dari 1.0546 menjadi 1.1656 (10.52%) pada konfigurasi 10%c co-rotating 10˚, penurunan nilai koefisien drag tertinggi terjadi pada angle of attack 14° terjadi pada konfigurasi 10%c counter-rotating 10˚&(-10˚) sebesar 4.52% dari sayap tanpa VG, peningkatan nilai koefisien rasio lift-drag tertinggi pada sudut 4° sebesar 13.12766 (10.8%) pada konfigurasi VG 10%c counter-rotating 10˚&(-10˚).


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Nurtanio Bandung Belum memasukkan lokasi
UNB2402325
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Bandung : Universitas Nurtanio Bandung., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
https://perpus.unnur.ac.id/
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


    OPAC LLDIKTI Wilayah 4
    Online Public Access Catalog

    Informasi Lainnya


    Website LLDIKTI Wilayah 4 Informasi Perpustakaan Login Anggota OJS LLDIKTI 4 Pustakawan

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Statistik Pengunjung Web

Seluruh: 2184001

© 2023 — Perpustakaan LLDIKTI Wilayah 4

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Buku
  • Jurnal
  • Majalah
  • Prosiding
  • Skripsi
  • Browse By Color
  • Coming Soon
Icons made by Freepik
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?