Text
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Trigonometri Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Geogebra Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK
Matematika merupakan ilmu yang terstruktur, dimana pada setiap materinya saling rnberkaitan. Oleh sebab itu dalam pembelajaran matematika diperlukan kemampuan rnkoneksi matematis untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep materi yang rndipelajari. Namun fakta dilapangan menyatakan bahwa kemampuan koneksi rnmatematis siswa SMK di Kota Cimahi masih belum memuaskan, terutama dalam rnmateri Trigonometri. Selain itu, hasil wawancara kepada guru di SMK rnmenunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan selama proses pembelajaran tidak rnmenekankan pada peningkatan kemampuan koneksi matematis secara spesifik, rnserta dibutuhkannya bahan ajar berbasis ICT yang dapat digunakan selama rnpembelajaran daring maupun luring untuk mengantisipasi masa pandemi. rnBerdasarkan permasalahan tersebut dikembangkanlah bahan ajar LKS rnTrigonometri dengan model discovery learning berbasis Geogebra yang dapat rndigunakan dalam pembelajaran daring maupun luring. LKS Discovery Learning rnberbasis Geogebra ini memuat kegiatan pembelajaran dengan metode penemuan rndan alat evaluasi untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. rnPenelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan rntahap pengembangan dari Borg & Gall, yaitu (1) Studi pendahuluan; (2) Desain rnproduk; (3) Forum group discussion dan validasi ahli; (4) Revisi awal; (5) Uji coba rnterbatas dan revisi I; (6) Uji coba luas dan revisi II; (7) Uji coba produk dan revisi rnakhir. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar observasi, rnpedoman wawancara, angket respon siswa, dan soal tes kemampuan koneksi rnmatematis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 3 Cimahi. Uji rncoba terbatas dilaksanakan kepada 10 orang siswa kelas X BOGA 2, uji coba luas rnkelas X OTKP 1, uji coba produk kelas X BOGA 1 sebagai kelas eksperimen, dan rnkelas X BOGA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah rndikembangkan produk berupa LKS discovery learning berbasis Geogebra dengan rnhasil uji coba terbatas, luas, dan produk mencapai kategori sangat layak untuk rndigunakan, efektivitas produk mencapai kategori baik, dan beberapa kendala yang rndialami oleh guru dan siswa dalam pengembangan produk diantaranya siswa belum rnterbiasa menggunakan LKS berbasis digital, kurangnya pengetahuan siswa pada rnmateri prasyarat, sinyal internet yang tidak stabil, dan siswa belum terbiasa belajar rnsecara mandiri.
Tidak tersedia versi lain