Skripsi
IMPLEMENTASI METODE BERCERITA PADA PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA BAGI ANAK USIA DINI DI TK NURUL HUDA
Perkembangan nilai-nilai moral dan agama adalah kemampuan anak untuk bersikap dan bertingah laku. Islam telah mengajarkan nilai-nilai positif yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini menyebabkan perlunya pengembangan pembelajaran terkait nilai nilai moral dan agama. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode bercerita pada pembelajaran moral dan nilai-nilai agama anak usia dini dan mengetahui peningkatan pengembangan moral anak usia 5-6 tahun diTK Nurul huda. Penelitian ini dilakukan diTK Nurul huda, yang bertempat di Jl. Mahmud No 32 Kp. Rancamalang. Jenis penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya yaitu: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 Siswa terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam delapan pertemuan yang mana setiap pertemuannya 30 Menit. Dan langkah penelitiannya dilakukan dalam tiga tahap yaitu Tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode bercerita di TK Nurul huda mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. Penerapan metode bercerita dalam mengembangkan moral dan nilai-nilai agama usia dini dilaksanakan dalam upaya memperkenalkan,memberikan keterangan, atau penjelasan tentang hal baru dalam rangka menyampaikan pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai kompetensi dasar anak taman kanak-kanak dan melakukan evaluasi umum dengan kegiatan bermain.. Dengan demikian metode bercerita dapat meningkatkan moral dan nilai-nilai agama anak usia dini. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam proses pengembangan nili-nilai agama dan moral pada anak usia dini dapat diterapkan dengan menggunakan metode bercerita
Tidak tersedia versi lain