Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL
Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini di kelompok B RA Babusalam Katapang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji apakah peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan yang pembelajarannya menggunakan media papan flanel lebih baik dari pada kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan kontrol. Populasi dalam penelitian ini seluruh anak kelompok B RA Babusalam Katapang. Dengan sampel yaitu kelas B (pelangi) sebagai kelas eksperimen dan kelas B (matahari) sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran papan flanel sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran dan media biasa. Data penelitian diperoleh melalui instrument berupa test pretes dan postes kemampuan mengenal lambang bilangan anak. Data pretes diolah melalui uji normalitas, dan dilanjutkan uji Mann-Whitney, sedangkan data postes diolah melalui data uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ditunjukan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini di RA Babusalam Katapang yang pembelajaraannya menggunakan media papan flanel lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran biasa.
Tidak tersedia versi lain