Skripsi
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA MELALUI MEDIA CELEMEK CERITA PADA ANAK USIA DINI DI KOBER MARGACINTA
Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan bahasa anak yang kurang berkembang. Kurangnya stimulus dan kondisi lingkungan yang kurang kondusif. Terbukti dengan adanya anak yang belum bisa berkomunikasi dengan baik, masih malu-malu untuk menjawab dan bahasa yang cenderung sulit dipahami. Keterampilan berbahasa itu penting karena bahasa merupakan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain di mana pikiran dan perasaan dinyatakan dalam bentuk lambang atau simbol untuk mengungkapkan suatu pengertian lisan, tulisan, isyarat, bilangan, lukisan, dan mimik muka. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media celemek cerita. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 17 anak dan seorang guru kelas. Data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama empat pertemuan. Pertemuan pertama anak belum tertarik dengan media dan suasana pun kurang kondusif sehingga perkembangan bahasa anak Belum Berkembang (BB), pertemuan kedua dan ketiga anak mulai tertarik dengan media celemek cerita dan mulai bisa menyimak cerita yang dibacakan guru sehingga perkembangan bahasa anak Mulai Berkembang (MB), pertemuan ke empat anak mulai antusias dengan cerita yang dibacakan, mulai berani bertanya dan sudah mampu menceritakan kembali isi cerita yang didengarnya sehingga perkembangan bahasa anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hasil dari empat kali pertemuan menunjukkan anak-anak mengalami perkembangan dan peningkatan yang signifikan. Melalui kegiatan bercerita dengan media celemek cerita melatih daya konsentrasi, menumbuh kembangkan kemampuan kognitif, mengembangkan daya imajinasi, serta menciptakan situasi yang menggembirakan.
Tidak tersedia versi lain