Skripsi
PENGGUNA METODE READ ALOUD DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A
Metode Read Aloud merupakan suatu metode dengan membacakan buku dengan keras agar bisa menarik perhatian pada anak-anak sehingga mereka dapat tertarik dan isi cerita tersampaikan serta dapat membangun interaksi pada anak, sehingga perkembangan bahasa anak dapat meningkat, bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi setiap orang. Melalui bahasa, seorang anak bisa mempunyai kemampuan untuk bersosialisi (social skill) dengan orang lain. Karena pemahaman tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan literature review, yaitu peneliti tidak mengumpulkan data sendiri melainkan dengan meneliti dan memanfaatkan data atau dokumen yang dihasilkan oleh pihak-pihak lain. Dalam hal ini, data sekunder adalah data primer yang diperoleh dari pihak lain atau data primer yang telah dikerjakan lebih lanjut dan dipersentasikan baik oleh pengumpul data primer atau oleh pihak lain dengan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis anotasi bibliografi. Dari data penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode read aloud dengan baik dan benar bisa menambah kecerdasan linguistik pada anak, dengan memakai metode ini diharapkan menjadi pendekatan guru untuk membantu anak dalam memusatkan perhatian secara mental, membangkitkan pertanyaan-pertanyaan dan menimbulkan minat untuk diskusi, strategi ini mempunyai efek pada pemusatan perhatian dan membuat suatu kelompok kohesif (saling berhubungan) serta membangun keakraban antar sesama.
Tidak tersedia versi lain