Skripsi
PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SDN 004 CISARANTEN KULON KOTA BANDUNG
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa SDN 004 Cisaranten Kulon sehingga diperlukan model pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui skenario, implementasi pembelajaran IPA melalui model Project Based Learning (PjBL), respon guru dan siswa serta kesulitan setelah melaksanakan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas V SDN 004 Cisaranten Kulon Bandung berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggambarkan skenario dan implementasi pembelajaran, respon guru dan siswa terhadap pembelajaran, dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan melalui model PjBL. Tahapan pembelajaran siswa diberikan pemahaman tentang siklus air, penentuan proyek, perancangan proyek, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek, penyampaian hasil, evaluasi. Kesimpulan hasil penelitian, respon siswa dan guru terhadap pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran PjBL sangat baik, siswa lebih percaya diri, aktif, tanggung jawab, pembelajaran lebih menyenangkan, dan efektif. Dalam penerapannya masih terdapat kekurangan siswa terkendala masalah alokasi waktu, biaya dan kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil produk masih kurang optimal.
Tidak tersedia versi lain