➤

E-Library

  • Beranda
  • Informasi
  • Profil PT
  • Pustakawan
  • Login/Daftar
    Login Anggota Daftar Online Login Admin Absen
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Skripsi

PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Yanti Puspita - Nama Orang;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi pendekatan konstruktivisme, respons guru dan siswanya serta kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif yang bertujuan menggambarkan upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematik pada materi bangun datar dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di SD Negeri Palintangjaya Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Respondennya sebanyak 15 siswa, yang terdiri dari 5 siswa berkemampuan tinggi, 5 siswa berkemampuan sedang, dan 5 siswa berkemampuan rendah. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) tes berbentuk soal uraian terdiri dari 6 soal untuk mengukur kemampuan pemahaman matematik, tes ini diberikan pada saat pretest dan postest, (2) Nontes berupa skala pendapat siswa yang digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan diri siswa memahami materi yang dipelajari. Model skala yang digunakan mengacu pada model skala yang terdiri dari empat respons skala interval 1- 4. Skenario dan implementasi pendekatan konstruktivisme melalui 4 langkah yaitu : Tahap apersepsi, tahap eksplorasi, tahap diskusi dan penjelasan konsep dan tahap pengembangan dan aplikasi. Skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan dilapangan yaitu, siswa dapat belajar lebih aktif dengan cara guru memberikan pengalaman belajar menggunakan benda konkrit serta interaksi sosial antara guru ataupun teman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa, dibuktikan dengan ketuntasan klasikal awal 46,66 % berubah menjadi 73,33 %. Siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM pun meningkat, asal 7 siswa berubah menjadi 11 siswa. Respons guru dan siswanya baik, guru dapat mengembangkan kemampuan mengajarnya dan siswa terlibat lebih aktif dalam pembelajarannya. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun datar dikarenakan siswa belum memahami konsep penyelesaian soal bangun datar Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang signifikan setelah diterapkannya pendekatan konstruktivisme.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi Belum memasukkan lokasi
IKS2413688
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370 s PUS p
Penerbit
Cimahi : IKIP SILIWANGI., 2020
Deskripsi Fisik
vii + 61 hlm,; 15 X 20,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
8/19/2020
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Publish
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
https://perpustakaan.ikipsiliwangi.ac.id/
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


    OPAC LLDIKTI Wilayah 4
    Online Public Access Catalog

    Informasi Lainnya


    Website LLDIKTI Wilayah 4 Informasi Perpustakaan Login Anggota OJS LLDIKTI 4 Pustakawan

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Statistik Pengunjung Web

Seluruh: 2260227

© 2023 — Perpustakaan LLDIKTI Wilayah 4

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Buku
  • Jurnal
  • Majalah
  • Prosiding
  • Skripsi
  • Browse By Color
  • Coming Soon
Icons made by Freepik
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?