Skripsi
PEMBELAJARAN MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah skenario dan implementasi pendekatan konstruktivisme, respons guru dan siswanya serta kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif yang bertujuan menggambarkan upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematik pada materi bangun datar dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas IV di SD Negeri Palintangjaya Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Respondennya sebanyak 15 siswa, yang terdiri dari 5 siswa berkemampuan tinggi, 5 siswa berkemampuan sedang, dan 5 siswa berkemampuan rendah. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) tes berbentuk soal uraian terdiri dari 6 soal untuk mengukur kemampuan pemahaman matematik, tes ini diberikan pada saat pretest dan postest, (2) Nontes berupa skala pendapat siswa yang digunakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan diri siswa memahami materi yang dipelajari. Model skala yang digunakan mengacu pada model skala yang terdiri dari empat respons skala interval 1- 4. Skenario dan implementasi pendekatan konstruktivisme melalui 4 langkah yaitu : Tahap apersepsi, tahap eksplorasi, tahap diskusi dan penjelasan konsep dan tahap pengembangan dan aplikasi. Skenario dan implementasi menunjukkan adanya temuan dilapangan yaitu, siswa dapat belajar lebih aktif dengan cara guru memberikan pengalaman belajar menggunakan benda konkrit serta interaksi sosial antara guru ataupun teman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa, dibuktikan dengan ketuntasan klasikal awal 46,66 % berubah menjadi 73,33 %. Siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM pun meningkat, asal 7 siswa berubah menjadi 11 siswa. Respons guru dan siswanya baik, guru dapat mengembangkan kemampuan mengajarnya dan siswa terlibat lebih aktif dalam pembelajarannya. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun datar dikarenakan siswa belum memahami konsep penyelesaian soal bangun datar Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang signifikan setelah diterapkannya pendekatan konstruktivisme.
Tidak tersedia versi lain