Skripsi
PENERAPAN MEDIA KARTU PECAHAN TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA KONSEP PECAHAN DI KELAS III SD
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya pemahaman matematika siswa materi konsep pecahan siswa pada mata pelajaran matematika, serta kurangnya guru memanfaatkan media pembelajaran dalam penyampaian materi pelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana skenario implementasi penerapan media kartu pecahan terhadap pemahaman matematika siswa pada konsep pecahan di kelas III SD?,bagaimana respon guru dan siswa pada penerapan media kartu pecahan terhadap pemahaman matematika siswa pada konsep pecahan di kelas III SD?, bagaimana kesulitan yang dihadapi guru dan siswa dalam penerapan media kartu pecahan terhadap pemahaman matematika siswa pada konsep pecahan di kelas III SD?.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui skenario implementasi penerapan media kartu pecahan terhadap pemahaman matematika siswa pada konsep pecahan di kelas III SD, mengetahui respon guru dan siswa pada penerapan media kartu pecahan terhadap pemahaman matematika siswa pada konsep pecahan di kelas III SD, mengetahui kesulitan yang dihadapi guru dan siswa dalam penerapan media kartu pecahan terhadap pemahaman matematika siswa pada konsep pecahan di kelas III SD.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengukuran ketuntasan belajar klasikal siswa dan persentase. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode permainan kartu pecahan di kelas III SD swasta di kota Bandung terbukti efektif di terapkan dalam proses pembelajaran. Dengan penerapan model ini siswa lebih terlibat aktif, dan mengalami sendiri proses pembelajaran tersebut, sehingga terjadi peningkatan pemahaman matematika siswa materi konsep pecahan peserta didik dengan menggunakan metode permainan kartu pecahan di kelas III salah satu SD swasta di Kota Bandung. Hal ini terbukti pada hasil posttest, nilai rata-rata sebesar 80,2 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 19,8% dan belum dinyatakan tuntas, Hasil observasi menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan media kartu pecahan dari 50,1% menjadi 80,2% pada soal 1 dari hasil pretest 46,75% menjadi 86,5%, soal 2 dari 48,25% menjadi 63,5%, soal 3 dari 50,25% menjadi 84,5%, soal 4 dari 57,75% menjadi 80,5% dan soal ke-5 dari 47,48 menjadi 86%. Peningkatan presentase siswa yang mencapai nilai KKM pada sebesar 35,85% yakni dari 7 siswa menjadi 17 siswa (81,22%). Rata-rata hasil belajar meningkat yaitu menjadi 80,2.
Tidak tersedia versi lain