Skripsi
KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PEGAMATAN SISWA KELAS V SD MELALUI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES
Penelitian ini berjudul keterampilan menulis laporan pengamatan siswa kelas V SD melalui Model Examples Non Examples, judul ini dilatarbelakangi oleh pertimbangan kurangnya keterampilan siswa ketika menulis laporan yang berdasarkan tujuan pembelajaran, kriteria materi, dan karakteristik peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas V SD dalam menulis laporan pengamatan melalui Model Examples Non Examples di sekolah dasar. Penelitian melakukan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi dan penilaian yang dilakukan berupa teknik non tes yakni menggunakan angket dan lembar observasi. Penelitian ini akan difokuskan pada “Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Siswa Kelas V SD melalui Model Examples Non Example†yang objek utamanya merupakan peserta didik kelas V di SDN 037 Sabang Kota Bandung. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian bahwa antara karakteristik peserta didik yang memiliki keterampilan mengamati dan menulis yang rendah , dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples saling berhubungan sehingga berpengaruh terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan peserta didik kelas V di SDN 037 Sabang Kota Bandung. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dalam hal ini, examples non examples merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan pengamatan peserta didik.
Tidak tersedia versi lain