Skripsi
PEMBELAJARAN MATERI PERAN INDONESIA DI ERA GLOBAL PADA SISWA SD KELAS VI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI SETTING KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) skenario dan implementasi belajar Peran Indonesia di Era Global melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui setting kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VI, (2) respon guru dan siswa kelas VI terhadap pembelajaran materi Peran Indonesia di Era Global, (3) kesulitan- kesulitan yang dialami siswa kelas VI dalam ketuntasan pelajaran materi Peran Indonesia di Era Global. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, angket dan wawancara. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai dilapangan. Hasil penelitian skenario dan implementasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru baik hal itu terlihat dengan adanya perbaikan pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif dalam belajar. Respon guru dan siswa baik hal tersebut terlihat dari hasil angket yang diberikan pada saat pembelajaran. Kesulitan yang dialami siswa pada materi tersebut hanya pada indikator soal menjelaskan pengertian globalisasi, namun sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan dalam materi tersebut. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian mengenai skenario dan implementasi belajar materi Peran Indonesia di Era Global dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui setting kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VI SDN Gandasari hasilnya adalah baik dan langkah yang dilakukan oleh guru sudah sesuai. Respon guru dalam pembelajaran materi Peran Indonesia di Era Global sudah baik, begitupun respon siswa terhadap pembelajaran sudah baik. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VI dalam ketuntasan materi Peran Indonesia di Era Gobal. Siswa mengalami kesulitan pada indiktor soal menjelaskan pengertian globalisasi. Rata-rata siswa menjawab salah pada soal tes yang diberikan oleh guru. Namun sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan dalam materi Peran Indonesia di Era global. Adapun faktor lain yang menjadi kesulitan siswa berdasarkan hasil wawancara yaitu siswa sulit untuk menghapal dan memahami materi pelajaran yang begitu banyak. Siswa banyak yang mengalami kesulitan jika harus menjawab pertanyaan dalam bentuk essai.
Tidak tersedia versi lain