Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap apa yang dipelajari dengan mempraktikkan sendiri materi pelajaran yang didapatnya agar lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa SD kelas IV menggunakan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar Kota Cimahi. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV B untuk kelas percobaan dan kelas IV D untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian, jumlah siswa dari masing-masing kelas terdiri atas 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal tes uraian untuk masing-masing kelas. Hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan program SPSS for windows, hasil dari pengujian penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model contextual teaching and learning memiliki perbedaan lebih tinggi, dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model konvensional secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif IPA siswa. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh terhadap perbedaan kemampuan berpikir kreatif IPA siswa dengan menggunakan model contextual teaching and learning dengan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pendidik untuk menggunakan model contextual teaching and learning sebagai salah satu pilihan model pada mata pelajaran IPA, khususnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Tidak tersedia versi lain