Skripsi
PEMAHAMAN KONSEP BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Cikahuripan Lembang dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 34 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajaran pemahaman konsep yang kurang. Siswa cenderung kurang memahami konsep dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu kegiatan belajar masih berpusat pada guru dimana guru hanya menerangkan dan memberi contoh saja sementara siswa disuruh untuk mencatat,juga percaya diri siswa yang masih rendah dan hasil belajar didalam proses pembelajaran yang masih banyak dibawah KKM.Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan melalui model pembelajaran problem based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kualitatif, observasi kelas terdapat 8 pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh hasil belajar pada postest Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan dikelas IV SDN 3 Cikahuripan Lembang. Dengan demikian , penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Ipa dengan pokok bahasan yang lain nya
Tidak tersedia versi lain