Skripsi
PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOOPERATIF TENTANG OPERASI HITUNG PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
Siswa sangat baik dalam merespon pembelajaran yang sampaikan mulai dari apersepsi sampai dengan menyimpulkan materi yang disampaikan. Siswa juga mulai aktif bertanya saat pembelajaran berlangsung, rasa ingin tau mereka juga cukup tinggi dengan materi yang di sampaikan. Pada saat guru menerapkan metode Snowball Throwing siswa juga sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Pada saat mengerjakan soal evaluasi yang disiapkan guru siswa lebih teliti dalam mengerjakan. Dari hasil tersebut, diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dan sudah mencapai standar ketuntasan minimal. Siswa mulai terbiasa menggunakan metode snowball throwing sehingga skor aktivitas siswa meningkat hingga 90 (sangat baik). Dan mayoritas siswa sudah dapat menjawab yang sesuai dengan pernyataan yang telah disajikan dan secara tidak langsung siswa terlibat dalam proses pembelajaran aktif. Siswa yang telah memahami materi dengan baik dapat dilihat dari siswa dapat menjawab soal yaitu dengan mengerjakan uji kompetensi. Kenaikan rata- rata kelas dari kegiatan 1 sebesar 40 % menjadi 85% pada kegiatan 2 serta tingkat ketuntasan dari kegiatan 1 siswa yang mencapai ketuntasan dari hasil tes akhir siklus sebesar 40% siswa yang tuntas yaitu sebanyak 8 siswa, dan kegiatan 2 hasil yang diraih
Tidak tersedia versi lain