Skripsi
PEMBELAJARAN MATERI LETAK ASTRONOMIS PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GLOBE DAN ATLAS
Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu, (1) Mengetahui skenario dan implementasi pembelajaran materi letak astronomis menggunakan pendekatan metode mind mapping berbantuan media globe dan atlas; (2) Mengetahui respon guru dan siswa terhadap pembelajaran; (3) Mendapati kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Pendekatan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Prosedur penelitian data yaitu, (1) Persiapan; (2) Perencanaan; (3) Pengamatan atau pengumpulan data; (4) Pelaksanaan; (5) Analisis data. Data diolah menggunakan Microsoft Exel untuk menghitung data angket. Hasil penelitian menunjukan implementasi pembelajaran berlangsung sesuai yang direncanakan dalam skenario. Guru dan siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran. Kesulitan yang didapati siswa yaitu (a) siswa kehabisan waktu (b) siswa kesulitan mencari kunci (c) beberapa siswa tidak menyukai menggambar.
Tidak tersedia versi lain