Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS I SDN SUDIMAMPIR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis permulaan peserta didik dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran Discovery Learning. Peningkatan kemampuan menulis permulaan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran Discovery Learning, gambaran implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikelas eksperimen dalam menyelesaikan soal kemampuan menulis permulaan. Dalam penelitian ini pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Sudimampir Padalarang Kabupaten Bandung Barat sasaran penelitian ini adalah kelas I A dan I B. dari hasil yang diperoleh penelitian ini menujukan bahwa: Terdapat pencapaian antara kemampuan menulis permulaan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Yaitu 0,000<0,005 dilhat dari nilai uji t dan dilihat dari rata-rata kelas eksperimen yaitu 81.67 sedangkan kelas control yaitu 73,38 dari skor maksimum yaitu 100. Terdapat peningkatan kemampuan menulis permulaan peserta didik sekolah dasar dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran Discovery Learning yaitu, 0,000<0,005 dilihat dari mannwhitney. Gambaran implementasi dikelas dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terlihat bahwa siswa lebih aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran, hal ini dikarenakan langkah-langkah dan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang menuntut siswa untuk lebih aktif selama proses pembelajaran
Tidak tersedia versi lain