Skripsi
PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KEBERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Penelitian ini berfokus pada kemampuan mendeskripsikan keberagaman suku dan budaya bangsa Indonesia di sekitar siswa kelas IV SD dengan Model Problem Based Learning. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah perlunya dikembangkan kemampuan siswa mendeskripsikan keberagaman suku dan budaya bangsa Indonesia di sekitar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Skenario dan implementasi pembelajaran mendeskripsikan keberagaman suku dan budaya bangsa Indonesia di lingkungan sekitar pada siswa SD kelas IV dengan menggunakan model Problem Based Learning; 2) Respon guru dan siswa SD kelas IV terhadap pembelajaran mendeskripsikan keberagaman suku dan budaya bangsa Indonesia di lingkungan sekitar dengan menggunakan Model Problem Based Learning;3) Kesulitankesulitan yang dialami siswa SD kelas IV dalam menyelesaikan tugas-tugas mendeskripsikan keberagaman suku dan budaya bangsa Indonesia yang berada di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif dengan populasi siswa kelas IV SDIT Uswatun Hasanah Cimahi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes, angket, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran mendeskripsikan keberagaman suku dan budaya bangsa Indonesia di sekitar siswa dengan menggunakan Model Problem Based Learning dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam kompetensi dasar PPKn; 2) Guru dan siswa SD kelas IV memberikan respon terhadap pembelajaran mendeskripsikan keberagaman suku dan budaya bangsa Indonesia di lingkungan sekitar dengan menggunakan Model Problem Based Learning ;3) Berkurangnya kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SD kelas IV dalam menyelesaikan tugas-tugas mendeskripsikan keberagaman suku dan budaya bangsa Indonesia yang berada di sekitarnya
Tidak tersedia versi lain