Skripsi
PEMECAHAN MASALAH SUMBER ENERGI PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemecahan masalah sumber energi pada siswa SD kelas IV dengan menggunakan model project based learning (PjBL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN di kota cimahi dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri 14 orang siswa perempuan dan 17 orang siswa lakilaki. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar respon guru dan siswa serta soal pemecahan masalah sumber energi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika diterapkannya model PjBL. Hal ini ditunjukan dengan skor rata-rata observasi guru sebesar 77,89%, skor rata-rata observasi siswa sebesar 78,33%, peningkatan skor pre-test ke pos-test sebesar 27%, dan presentase rata-rata skor angket guru sebesar 82% dan presentase rata-rata skor angket siswa 84%.
Tidak tersedia versi lain