Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS PROSA SEDERHANA PADA SISWA SD KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Pembelajaran menulis prosa sederhana merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa kelas V Sekolah Dasar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran menulis prosa sederhana pada siswa kelas V di Sekolah Dasar. Secara umum, siswa cenderung sulit untuk menulis prosa sederhana karena siswa biasa menggunakan bahasa daerah (bahasa ibu) dalam kesehariannya sehingga hasil yang dicapai siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih rendah maka dengan adanya hal tersebut peneliti menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti bisa menjelaskan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya materi menulis prosa sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Sukabetah, yang berjumlah 30 siswa. Terdiri dari 15 siswa Perempuan dan 15 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan pembelajaran, diperoleh hasil peningkatan nilai rata-rata hasil tes keterampilan menulis prosa sebesar 85,4% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa, hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menulis prosa sederhana dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) telah mencapai tujuan penelitian. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Tidak tersedia versi lain