Skripsi
PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PEMECAHAN MASALAH PENGUKURAN PANJANG SISWA SD KELAS 2 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pembelajaran matematika pada pemecahan masalah pengukuran panjang siswa SD kelas 2 menggunakan model pembelajaran kontekstual. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas II di salah satu Sekolah Dasar Kota Cimahi. Jumlah siswa dari terdiri atas 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal tes, angket, lembar observasi dan wawancara. Hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan program Microsoft Excel, hasil dari pengujian penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual memiliki perbedaan lebih tinggi, dibandingkan dengan kondisi siswa yang belum mendapatkan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya respon positif terhadap matematika dan adanya pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pendidik untuk menggunakan model pembelajaran kontekstual sebagai salah satu pilihan model pada mata pelajaran Matematika.
Tidak tersedia versi lain