Skripsi
MENGHADIRKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DENGAN METODE HANDS ON ACTIVITY PADA SISWA KELAS 2 SD
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran pemahaman matematika pada siswa kelas II dengan menggunakan metode Hands on Activity. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Al-Ihsan Islamic School dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tentang bangun datar, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika diterapkannya metode Hands on Activity. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata pemahaman matematika kelas sebesar 83,40 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 97 dan nilai terendah sebesar 62. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 96,7% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 3,3% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum.
Tidak tersedia versi lain