Skripsi
PENDEKATAN INTEGRATIF DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SEKOLAH DASAR
Pada dasarnya, faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman yaitu karakteristik materi bacaan dan karakteristik pembaca. Pemahaman adalah jantung dari tindakan membaca. Ironisnya, membaca dengan pemahaman kurang diperhatikan dan kurang dipahami oleh para peneliti bahkan hingga kini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian dan implementasi pembelajaran, respon guru dan kemampuan membaca pemahaman siswa, seta kesulitan yang dialami siswa dalam kemampuan membaca pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas IV SDN 234 Saluyu Kota Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan dari 34 responden yang diteliti memberikan hasil membaca pemahaman siswa melalui pendekatan integratif diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 80,88 (delapan puluh koma delapan puluh delapan). Nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa tersebut tergolong dalam kategori baik, selanjutnya nilai tertinggi yang diperoleh sebesar 100,00 (seratus koma nol) dan Nilai terendah yang diperoleh adalah 60,00 (enam puluh koma nol). Dari data tersebut masih ada siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Respon guru dan kemampuan membaca pemahaman siswa ketika menggunakan motode pendekatan integratif positif dan sangat baik. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama penelitian diantaranya siswa belum mengenal metode, kurangnya waktu pembelajaran, kurangnya pengawasan guru, siswa tidak terbiasa mengerjakan Lembar Kerja Siswa, dan terdapat siswa yang tidak puas dengan pembagian kelompok.
Tidak tersedia versi lain