Skripsi
PEMBELAJARAN PEMAHAMAN MENGENAI DIAGRAM BATANG PADA SISWA SD KELAS IV MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING
Penelitian dilatarbelakangi oleh pentingnya materi statistika khususnya diagram batang yang dipelajari di kelas 4 SD ini dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai bekal kemampuan untuk menghadapi abad ke-21. Penelitian bertujuan untuk menggambarkan pembelajaran pemahaman siswa kelas 4 SD mengenai diagram batang dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa SD kelas 4 di Kota Bandung. Adapun yang menjadi sampel dari penelitian ini adalah siswa SDS Mutiara Bunda kelas 4 Kano yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal sebanyak 7 soal, angket, lembar observasi, dan hasil wawancara. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Dalam perhitungan ujicoba instrumen dan pengolahan data menggunakan program Microsoft Excel 2010 dan SPSS 25. Analisis data soal digunakan untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai diagram batang setelah melalui proses pembelajaran menggunakan model PjBL. Analisis angket, lembar observasi, dan hasil wawancara untuk mengetahui respon dari guru dan siswa serta pelaksanaan PjBL dalam pembelajaran diagram batang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: pemahaman siswa mengenai diagram batang menggunakan model PBL dalam kategori baik dan respon serta pelaksanaan model PjBL untuk memahami mengenai diagram batang ini dalam kategori sangat baik.
Tidak tersedia versi lain