Skripsi
PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SATUAN PANJANG SISWA KELAS II SD DENGAN MENGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTUAN ALAT PERAGA TANGGA
Pembelajaran pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa kelas II SD dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan alat peraga tangga dalam pembelajaran pemahaman konsep matematika pada siswa kelas II SD. Secara umum, siswa cenderung sulit untuk memahami konsep matematika karena guru masih menggunakan metode ceramah dan penyajian materi yang kurang menarik sehingga hasil yang dicapai siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah maka dengan adanya hal tersebut peneliti menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan alat peraga tangga untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif, hal ini supaya peneliti bisa menjelaskan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya materi satuan panjang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN Angsanamekar, yang berjumlah 30 siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan pembelajaran, diperoleh hasil peningkatan nilai rata-rata hasil tes pembelajaran pemahaman konsep matematika sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa, hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran pemahaman konsep matematika pada materi satuan panjang siswa kelas II SD dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan alat peraga tangga telah mencapai tujuan penelitian. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.
Tidak tersedia versi lain