Skripsi
PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY
Penelitian ini di latar belakangi dari nilai hasil pembelajaran menulis deskripsi masih rendah atau belum memenuhi KKM, begitu pula proses pembelajarannya. Proses pembelajaran menulis deskripsiyang dilakukan guru masih menggunakan metode konvensional. Untuk meningkatkan minat belajar dan mengaktifkan siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, peneliti di sini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran keterampilan menulis deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Subjek pada penelitian ini siswa berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis deskriptif meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil menulis deskriptif menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe two stay two stray dengan kategori (sangat baik), Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan sudah tercapai, karena secara keseluruhan nilai siswa berada pada rentang 80% - 100 % mengalami keberhasilan yaitu 87%. Sedangkan untuk respon siswa dan guru positif dan sangat baik.
Tidak tersedia versi lain