Skripsi
PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM TEACHING
Model pembelajaran merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model quantum teaching terhadap pembelajaran mengidentifikasi kegiatan ekonomi pada siswa SD kelas IV SDN 5 Galanggang Batujajar. Dalam proses pembelajaran model quantum teaching peran guru dituntut lebih aktif dan kreatif untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dan observasi. Penelitian ini menggunakan tindakan kelas yang terdiri dari 4 pertemuan, dalam pelaksanaannya menggunakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sebagai konsep untuk menjadikan proses pembelajaran lebih terarah sesuai dengan tujuan dari pembelajaran model quantum teaching. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran menggunakan model quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran mengidentifikasi kegiatan ekonomi pada siswa SD kelas IV SDN 5 Galanggang Batujajar. Guru dan siswa lebih interaktif dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model quantum teaching.
Tidak tersedia versi lain