Skripsi
PEMBELAJARAN JARAK JAUH TUTUR DAN TINDAKAN TOKOH TEKS FIKSI BAHASA INDONESIA KELAS VI DALAM MASA PANDEMI COVID 19
Pandemi Covid 19 berdampak pada penutupan sekolah untuk sementara. Penutupan sekolah tersebut tidak berati berhentinya proses pembelajaran. Pembelajaran Jarak Jauh dilaksanakan di setiap sekolah demi pemenuhan hak pendidikan bagi setiap peserta didik. Kendala dan hambatan muncul dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Pembelajaran Jarak Jauh dalam jaringan dan luar jaringan menjadi alternatif proses pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh dalam jaringan memerlukan kompetensi guru dan dukungan akses internet yang baik dari peserta didik. Proses pembelajaran dan komunikasi dilakukan secara virtual. Jika syarat tersebut terpenuhi, maka pembelajaran dan proses penilaian akan berlangsung dengan lancar. Namun tidak demikian dengan pembelajaran jarak jauh luar jaringan. Modul mandiri dan bahan ajar dapat dicetak untuk diberikan kepada peserta didik. Permasalahan muncul saat kemampuan peserta didik dalam memahami tokoh fiksi dalam teks, terbatas dan terkendala dengan komunikasi. Proses pembelajaran akan terhambat. Penilaianpun sulit untuk diukur. Kendala ini, mengharuskan guru untuk mengubah pola penugasan dengan pembelajaran dan penilaian alternatif, seperti pembelajaran dan penilaian berbasis kinerja. Upaya dan tanggung jawab bersama adalah kunci dalam keberlangsungan proses pembelajaran jarak jauh
Tidak tersedia versi lain