➤

E-Library

  • Beranda
  • Informasi
  • Profil PT
  • Pustakawan
  • Login/Daftar
    Login Anggota Daftar Online Login Admin Absen
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD KELAS V MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Skripsi

PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD KELAS V MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Cahyanti Yuni Astuti - Nama Orang;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika di sekolah dasar, hal ini terjadi karena siswa tidak memahami konsep matematik yang mereka pelajari. Karena ketidakpahaman tersebu akhirnya berpengaruh pada aktivitas dan respon siswa yang semakin menurun sehingga hasil belajar siswapun menurun. Latar belakang tersebut dijadikan sebagai permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran pemahaman konsep matematik siswa kelas V SD materi bangun ruang. Dipilihnya pendekatan ini sebagai alternatif, karena pendekatan ini merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa baik dalam kelompok maupun individu dengan menggunakan model-model nyata dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat memahami materi yang sedang mereka pelajari secara mendalam.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen observasi, angket, LKS, dan lembar evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar meningkatkan pemahaman konsep matematik siswa, meningkatkan respon siswa dan guru, serta menekan kesulitan siswa dalam menyelesaikan tugas matematika dengan kajian teoritis berlandaskan pada teori kognitif Piaget. Hasil daari penelitian ini adalah: 1) langkah-langkah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terdiri dari 5 komponen penting yaitu: menggunakan masalah kontekstual, menggunakan model-model dalam pemecahan masalah (matematis), menggunakan kontribusi siswa, proses pembelajaran yang interaktif, serta terkait dengan topik lainnya, sehingga dari langkah-langkah tersebut meningkatkan pemahaman konsep matematik siswa.2) Adanya peningkatan respon siswa dan guru yang semakin positif dalam kegiatan pemebelajaran. 3) Beberapa kesulitan siswa yang dapat diidentifikasi dan bisa dilakukan perbaikan sehingga meminimalisir kesulita-kesulitan siswa dalam menyelesaikan tugas matematika selanjutnya. Hasil peningkatan tersebut terlihat dari persentase yang semakin meningkat dari kegiatan pratindakan hingga dilakukan tindakan. Berdasarkan penelitian ini, maka peneliti merekomendasikan penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan aktivitas dan respon siswa serta pemahaman konsep matematik siswa dalam pembelajaran Matematika.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi Belum memasukkan lokasi
IKS2413795
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370 s AST p
Penerbit
Cimahi : IKIP SILIWANGI., 2020
Deskripsi Fisik
xv + 112 hlm,; 15 X 20,5 CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
8/19/2020
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Publish
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
https://perpustakaan.ikipsiliwangi.ac.id/
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar


    OPAC LLDIKTI Wilayah 4
    Online Public Access Catalog

    Informasi Lainnya


    Website LLDIKTI Wilayah 4 Informasi Perpustakaan Login Anggota OJS LLDIKTI 4 Pustakawan

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Statistik Pengunjung Web

Seluruh: 2249628

© 2023 — Perpustakaan LLDIKTI Wilayah 4

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Buku
  • Jurnal
  • Majalah
  • Prosiding
  • Skripsi
  • Browse By Color
  • Coming Soon
Icons made by Freepik
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?