Skripsi
PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD KELAS V MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika di sekolah dasar, hal ini terjadi karena siswa tidak memahami konsep matematik yang mereka pelajari. Karena ketidakpahaman tersebu akhirnya berpengaruh pada aktivitas dan respon siswa yang semakin menurun sehingga hasil belajar siswapun menurun. Latar belakang tersebut dijadikan sebagai permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran pemahaman konsep matematik siswa kelas V SD materi bangun ruang. Dipilihnya pendekatan ini sebagai alternatif, karena pendekatan ini merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa baik dalam kelompok maupun individu dengan menggunakan model-model nyata dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat memahami materi yang sedang mereka pelajari secara mendalam.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen observasi, angket, LKS, dan lembar evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar meningkatkan pemahaman konsep matematik siswa, meningkatkan respon siswa dan guru, serta menekan kesulitan siswa dalam menyelesaikan tugas matematika dengan kajian teoritis berlandaskan pada teori kognitif Piaget. Hasil daari penelitian ini adalah: 1) langkah-langkah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terdiri dari 5 komponen penting yaitu: menggunakan masalah kontekstual, menggunakan model-model dalam pemecahan masalah (matematis), menggunakan kontribusi siswa, proses pembelajaran yang interaktif, serta terkait dengan topik lainnya, sehingga dari langkah-langkah tersebut meningkatkan pemahaman konsep matematik siswa.2) Adanya peningkatan respon siswa dan guru yang semakin positif dalam kegiatan pemebelajaran. 3) Beberapa kesulitan siswa yang dapat diidentifikasi dan bisa dilakukan perbaikan sehingga meminimalisir kesulita-kesulitan siswa dalam menyelesaikan tugas matematika selanjutnya. Hasil peningkatan tersebut terlihat dari persentase yang semakin meningkat dari kegiatan pratindakan hingga dilakukan tindakan. Berdasarkan penelitian ini, maka peneliti merekomendasikan penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan aktivitas dan respon siswa serta pemahaman konsep matematik siswa dalam pembelajaran Matematika.
Tidak tersedia versi lain