Skripsi
PEMBELAJARAN PENALARAN KELILING BANGUN DATAR PADA SISWA SD KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal penalaran matematik merupakan salah satu masalah yang menjadi pembahasan pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran keliling bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dreskriptif, melalui metode ini peneliti mencoba untuk menggambarkan situasi dan proses pada kegiatan pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas empat salah satu sekolah dasar negeri di Kota Cimahi. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa siswa kelas IV senang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, selain itu siswa dan guru menunjukan respon yang positif terhadap pembelajaran penalaran keliling bangun datar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, namun masih ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam memeriksa argumen yang valid, melakukan pembuktian secara langsung dan menyusun konjektur pada soal kemampuan penalaran matematik. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran keliling bangun datar pada siswa kelas empat masih tergolong rendah dan perlu diberikan latihan-latihan soal yang rutin agar siswa terbiasa menyelesaikan soal yang sulit.
Tidak tersedia versi lain