Tesis
PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SERTA SELF-EFFIACACY SISWA SMP BERDASARKAN TAHAP KOGNITIFNYA
Penelitian ini merupakan studi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik serta self-efficacy siswa SMP melalui pendekatan Problem Solving. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes-postes dengan kuasi eksperimen. pengambilan populasi siswa adalah salah satu SMP Negeri di Kabupaten Garut dan sampel kelas VIII sebanyak dua kelas. Pada desain ini pula, penelitian mengelompokkan secara tidak acar (purposive sampling), satu kelompok dijadikan kelompok eksperimen dan satu kelompok dijadikan kelompok kontrol. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes metematika bentuk uraian yang terdiri dari TOLT, tes pemecahan masalah matematik, tes komunikasi matematik, dan self-efficacy siswa. Untuk data hasil pretes, postes dan skor gain ternormalisasi menggunakan analisis data kuantitaatif sedangkan untuk skala sikap self-efficacy siswa menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1( Presentase tahap kognitif siswa dengan menggunakan TOLT adalah 100% yaitu terletak pada tahap konkret. Sehingga tes tersebut tidak digunakan sebagai bahan analisis lanjutan. 2) Pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakanpendekatan Problem Solving lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran saintifik. 3) Pencapaian self-efficacy siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem solving lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik. 4) siswa kelas Problem Solving tidak banyak menghadapi kesuitan pada beberapa soal. 3) Terdapat asosiasi yang cukup tinggi antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, sefl=efficacy siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Solving. 6) siswa menunjukan respon yang baik terhadap pembelajaran yang menggunakan pendekatan Problem Solving.
Tidak tersedia versi lain