Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI METODE DEMONSTRASI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pemahaman matematika di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa SMP yang menggunakan pendekatan kontekstual melalui metode demonstrasi lebih baik dengan yang menggunakan pembelajaran cara biasa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan metode eksperimen dan desain penelitian ini adalah pretest-postes control group design. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP NEGERI 1 TELAGASARI kabupaten Karawang. Sampel diambil dua kelompok secara acak,rnkelompok satu menjadi kelas eksperimen diberi pembelajaraan dengan pendekatan kontekstual melalui metode demonstrasi dan kelompok dua menjadi kelas kontrol diberi pembelajaran cara biasa. Instrumen dalam penelitian ini berupa seperangkat soal tes berbentuk uraian yang terdiri dari 8 soal yang diberi tes awal dan akhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman matematik SMP siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual melalui metode demonstrasi lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran cara biasa. Dan implementasi langkah-langkahrnpembelajaran dengan pendekatan kontekstual melalui metode demonstrasi sudah dilakukan sebagaimana mestinya den berjalan dengan baik.
Tidak tersedia versi lain