Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN METODE ACCELERATED LEARNING
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP terhadap mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan metode Accelerated Learning dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan pretes dan postes pada kelas eksperimen dan kontrol. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP negeri di Kota Cimahi. Sampel dalam penelitian ini adalah dipilih dua kelas secara tidak acak, dengan kelas VIII Drnsebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan metode Accelerated Learning, sedangkan kelas kontrolrnmenggunakan pembelajaran biasa. Data penelitian diperoleh melalui instrumen berupa tes pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis. Data pretes danrnpostes diolah melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan dua rerata menggunakan software IBM SPSS Statistics 22. Dari hasil penelitian dan analisisrndata yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: (1)pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan metodernAccelerated Learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa; (2)peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yangrnpembelajarannya menggunakan metode Accelerated Learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa; (3)implementasi pembelajaranrndengan menggunakan metode Accelerated Learning telah berjalan sebagaimana mestinya dimana sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang sudahrndisiapkan sebelumnya dan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
Tidak tersedia versi lain