Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTS
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs yang masih kurang, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut diperlukan alternatif pembelajaran yang aktif dan menguatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun tujuannya yaitu untuk menelaah pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Posing melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan yang mendapatkan pembelajaran secara biasa. Penelitian yangrndilaksanakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan Problem Posing melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Populasi dalam penelitianrnini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Sampel yang dipilih yaitu kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Hrnsebagai kelas kontrol di salah satu MTs yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lima soal tes berbentuk uraian. Berdasarkan analisis pada keseluruhan tahapan penelitian dapat disimpulkan bahwa pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs yang mendapatkan pembelajaran pendekatan Problem Posing melaluirnkooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada yang mendapatkan pembelajaran secara biasa.
Tidak tersedia versi lain