Skripsi
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan koneksi matematik siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematik dan kemandirian belajar siswa yangrnpembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, Sebelum penelitian kedua kelompok diberi tes awal (pretest) dan di akhir pembelajaran kedua kelompok diberi tes akhir (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X di kota Cimahi, sedangkanrnsampelnya dipilih dua kelas X salah satu SMA di Kota Cimahi. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan kontekstual sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Instumen seperangkat tes berbentuk uraian sebanyak 6 soal yang telah di uji cobakan dan dihitung validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukarannya. Kemudian soal tersebut disajikan dalam bentuk pretest danrnposttest. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes uraian sebanyak lima soal, Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan koneksirnmatematik dan angket untuk mengetahui kemandirian belajar menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan koneksi matematik siswa yangrnpembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa, kemudian kemandirian belajar siswa yangrnpembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Dengan ketercapaian tersebut berada padarnkategori tinggi dan sedang.
Tidak tersedia versi lain