Skripsi
Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa sekolah menengah atas melalui pendekatan kontekstual
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu alternatif pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA adalah pembelajaran kontekstual. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran langsung. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Hasil analisis di uji dengan formula Mann-Whitney. Temuan dalam penelitian ini adalah pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Temuan lainnya yaitu peningkatan kemampuan bepikir kreatif matematik siswa SMA yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran langsung. Hasil analisis kesulitan, siswa mengalami kesulitan pada indikator keluwesan dan elaborasi.
Tidak tersedia versi lain