Skripsi
Penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa SMK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah : (1) pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa (2) gambaran implementasi metode penemuan terbimbing di lapangan (3) kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan metode penelitian terbimbing lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa (2) langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing dapat diimplementasikan sesuai dengan rencana pembelajaran (3) kesulitan-kesulitan siswa pada umumnya dalam mengerjakan soal pemecahan masalah pada indikator memahami masalah dan menyusun rencana pemecahan.
Tidak tersedia versi lain