Skripsi
PENERAPAN PENDEKATAN METHAPORICAL THINKING MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di lapangan mengenai pembelajaran matematika dalam mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan representasi matematis yaitu guru jarang memperhatikan perkembangan kemampuan representasi matematis siswa. Upaya mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Metaphorical Thinking melalui model pembelajaran Think-Talk-Write. Pada pendekatan Metaphorical Thinking, siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan gagasan dan mengonstruksi pengetahuannya sendiri, serta mendorong siswa dalam merepresentasikan ide-ide matematis dari permasalahan yang diberikan dikombinasikan dengan model pembelajaran Think-Talk-Write, pembelajaran siswa melalui tahapan Think-Talk- Write. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian dilakukan di kelas VII pada salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Bandung. Peneliti mengambil dua kelas secara acak, yakni kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran biasa serta kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan pembelajaran Metaphorical Thinking melalui model pembelajaran Think-Talk-Write. Kedua kelas diberikan pretes sebagai tes kemampuan awal serta postes yang diberikan pada akhir penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah ter uraian kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran Metaphorical Thinking melalui model pembelajaran Think-Talk-Write lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Hasil implementasi di lapangan juga menunjukkan bahwa pembelajaran pendekatan Metaphorical Thinking melalui model pembelajaran Think-Talk-Write dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah. Adapun kesulitan-kesulitan yang siswa hadapi saat menyelesaikan soal representasi matematis yakni pada indikator membuat gambar bangun geometri untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaiannya serta menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan masalah.
Tidak tersedia versi lain