Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMAJINASI PADA KELAS X MA NURUL FALLAH TAKOKAK KABUPATEN CIANJUR
Sejak diberlakukannya KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) materi pembelajaran menulis karya sastra cerita pendek (cerpen) sudah diberikan kepada siswa. Mulai darirntingkat sekolah menengah pertama sampai tingkat menengah atas. Siswa dibimbing untuk menulis karya sastra cerpen. Apabila proses pembelajaran menulis karya sastra cerpen berjalan dengan baik, makarnsiswa yang lulus sekolah menengah atas akan dapat memiliki keterampilan menulis karya sastra cerpen. Keterampilan menulis karya sastra cerpen akan dapat dijadikanrnsebagai bekal life skill bagi para siswa, yang pada gilirannya dapat dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian. Agar proses pembelajaranrnmenulis karya sastra cerpen dapat berlangsung dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan, yakni siswa memiliki keterampilan menulis karyarnsastra cerpen, beberapa hal harus dapat dipenuhi oleh para guru sebagai pembelajar menulis karya sastra. Pertama, para guru dituntut untukrnmampu menyusun strategi pembelajaran menulis karya sastra cerpen yang tepat. Kedua, para guru dituntut untuk memiliki kompetensi dalamrnbidang pembelajaran menulis karya sastra cerpen. Ketiga, para guru dituntut memiliki kompetensi dalam bidang menulis karya sastra cerpen.rnDalam hal ini, penulis mencoba melakukan penelitian pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode imajinasi. Penulis berharaprndengan menggunakan metode imajinasi, dapat meningkatkan kemampuan siswa serta efektif dalam penggunaan metode imajinasirnketika kegiatan pembelajaran menulis cerpen berlangsung
Tidak tersedia versi lain