Skripsi
PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ESTAFET WRITING PADA SISWA KELAS IX SMP PRIMA MANDALA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Penelitian ini, berjudul “Pembelajaran Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Metode Estafet Writing pada siswa kelas IX SMP Prima Mandala tahun Ajaran 2016/2017â€. Mereka sulit memusatkan konsentrasi dalam mengembangkan daya imajinasinya menjadi tumpul, konsentrasi terganggu, bosan, malas berpikir, tidak ada ide, tidak ada mood dan beberapa alas an lainnya. Beberapa siswa mengaku akan lebih nyaman jika kegiatan menulis dilaksanakan di rumah. Adapun yang menjadi rumusan masalah sebagai berikut. 1) Bagaimana aktivitas guru dan siswa ketika pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan metode Estafet Writing? 2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan antara tes awal dan tes akhir setelah menggunakan metode Estafet Writing pada siswa kelas IX SMP Prima Mandala? 3) Bagaimana respon siswa pada pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan metode Estafet Writing pada siswa kelas IX SMP Prima Mandala? Tujuan penelitian ini yaitu, 1) Mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa ketika pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan metode Estafet Writing untuk meningkatkan kemampuan pada siswa kelas IX SMP Prima Mandala. 2) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan antara tes awal dan tes akhir setelah menggunakan metode Estafet Writing pada siswa kelas IX SMP Prima Mandala, dan 3) Mendeskripsikan respon siswa pada pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan metode Estafet Writing pada siswa kelas IX SMP Prima Mandala. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Prima Mandala dengan sampel yang berjumlah 25 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes awal sebelum proses pembelajaran dan tes akhir setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil peneltian, kegiatan pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan metode Estafet Writing berhasil dan efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut terbukti dari adanya perbedaan yang signifikan antara hasil tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian tes awal, nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 44,6 sedangkan nilai rata-rata tes akhir yaitu 72,4. Dengan demikian menunjukan bahwa metode Esafet Writing lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek.
Tidak tersedia versi lain