Skripsi
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif matematis yang dinilai masih rendah. Penyebab rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dikarenakan pendekatan atau cara belajar yang kurang di tekankan pada soal yang kreatif. Dalam tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pencapaian, peningkatan, kesulitan-kesulitan dan implementasi mengani kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP menggunakan pendektan Contextual Teaching and Learning berbantuan Software Geogebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain penelitiannya yaitu pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi seluruh siswa kelas VIII SMP di Kota Bandung dipilih secara acak dan terpilihlah SMP MUTIARA 4 BANDUNG. Sampel diambil secara acak kelas, yaitu dari 8 kelas diperoleh dua kelas, yaitu kelas VIII-D sebagai kelas kontrol dan VIII-G sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan berbantuan Software Geogebra, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes sebanyak 5 soal uraian selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dengan uji normalitas dan uji perbedaan dua rata-rata dengan mengggunakan Software SPSS 16. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan dalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantuan Software Geogebra lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran biasa, sedangkan masih terdapat kesulitan yang dihadapi siswa mengenai pembelajaran yang diadakan dikedua kelas dan implementasi mengenai pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain