Skripsi
Meningkatkan kemampuan generalisasi matematik dan self efficacy siswa SMP negeri di kota Cimahi dengan menggunakan pendekatan ketrampilan metakognitif
Kemampuan matematis merupakan hal yang sangat penting yang harus dikuasai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kualitas kemampuan generalisasi matematik siswa. Alternatif pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ketrampilan metakognitif. Metakognitif erat kaitannya dengan self efficacy, dengan demikian hal tersebut juga bisa diasah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan generalisasi matematik dan self efficacy siswa. Metode yang digunakan adalah bentuk pre test post test control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian maupun peningkatan kemampuan generalisasi dan self efficacy siswa yang menggunakan pendekatan ketrampilan metakognitif lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Ketrampilan metakognitif memberikan dampak positif yaitu siswa terlibat aktif dan pembelajaran lebih kondusif. Secara umum tidak ada kendala yang menghambat proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain