Text
Pembelajaran Daring Menuilis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMK Bandung Barat 2 Cihampelas Dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Visual
Hasil penelitian menunjukan bahwa :rn1. Skenario dan implementasi dalam kegiatan menulis berlangsung dengan baik siswa mengikuti proses pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan metode pendekatan saintifik berbantuan visual cukup aktif. Dari beberapa langkah metode saintifik dapat mengiring siswa untuk berfikir kritis dan mampu menemukan hal yang baru. Berbantuan visual berpengaruh baik dalam proses pembelajaran menulis siswa, dengan ditampilkan gambar yang bersumber dari google dapat memicu berpikir siswa dalam menemukan informasi baru yang bisa dituangkan kedalam tulisannya;rn2. Respon guru dan siswa mengenai pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan metode saintifik berbantuan visual yaitu baik. Siswa mengikuti proses pembelajaran dengan aktif, dengan berbantuan visual memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran khususnya ketika menetukan inti cerita dalam kegiatan menulis teks eksplanasi;rn3. Kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan menulis teks eksplanasi yaitu menceritakan kembali dan menentukan struktur dan unsur (konjungsi pertentangan dan kata leksikal), selain itu, siswa masih kesulitan dalam mengorganisasikan isi pada bagian tanda baca dan juga penulisan yng bermakna serta sistematis;rn4. Kendala-kendala yang dihadapi guru selama pelaksanaan pembelajaran daring menulis teks eksplanasi adalah dalam menerapkan pendekatan saintifik unutuk mengembangkan motivasi siswa dalam pembelajaran dari guru menjadi kendala untuk mencapai tujuan pembelajaran yang memperhatikan karakter siswa karena siswa karena kurang pengawasan saat pembelajaran daring berlangsung.
Tidak tersedia versi lain