Text
Pembelajaran Daring Menulis Tes Eksposisi Pada Siswa SMAN 1 Gununghalu Kelas X dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Visual
Hasil penelitian menunjukan bahwa : skenario dan implementasi dalam kegiatan menulis berlangsung dengan baik. Siswa mengikuti proses pembelajaan menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan saintifi berbantuan media visual secara aktif. Dari beberapa kontekstual dalam menggiring siswa untuk berpikir kritis dan mampu menentukan hal yang baru. Berbantuan media visual berpengaruh baik dalam proses pembelajaran menulis siswa, dengan ditampilkan beberapa tayangan PowerPoint dapat memicu berpikir siswa dalam menentukan informasi baru yang bisa dituangkan kedalam tulisannya; Respon guru dan siswa mengenai pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media visual yaitu baik. Siswa mengikuti proses pembelajaran dengan aktif, adanya berbantuan media visual memudahkan siswa dalammengikuti pembelajaran khususnya ketika menentukan ide; kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan menulis teks eksposisi yaitu mengembangkan kerangka dalam memerhatikan beberapa aspek terutama menentukan unsur kebahasaan konjungsi pertentangan dan kata leksikal. Selain itu, siswa masih kesulitan dalam mengorganisasikan isi pada bagian tanda baca dan juga penulisan yang bermakna serta sistematis; kendala yang dihadapi guru selama pelaksanaan pembelajaran daring menulis teks eksposisi adalah dalam menerapkan pendekatan saintifik untuk mengembangkan motivasi siswa dalam pembelajaran daring dan kendala untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran dari guru menjadi kendala untuk mencapai tujuan pembelajaran yang memperhatikan karakter siswa karna kurangnya pengawasan saat pembelajaran daring berlangsung.
Tidak tersedia versi lain